Senin, 30 Januari 2012

Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh

1 comments


Khasiat dan manfaat buah mengkudu rasanya sudah tdak diragukan lagi. Tanaman yang mempunyai nama lain “MORINDA CITRIFOLIA” biasa hidup didataran rendah dan mempunyai buah hijau, lonjong dan trotol-trotol ini sangat banyak kasiatnya. Istilah nama mengkudu dimasing-masing daerah antara lain  Wengkudu (Bali), Cengkudu (Sunda), Pace (Jawa), Kodhuk (Madura), Nono (bahasa Tahiti), Ach (bahasa Hindi), Ungcoikan (bahasa Myanmar), Noni (bahasa Hawaii), dan Nonu (bahasa Tonga).

Mengkudu bisa dijadikan obat beberapa penyakit seperti  :

Hipertensi
Bahan: 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Cara Membuat: buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring. Cara menggunakan: diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Sakit Kuning
Bahan: 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara Membuat: buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring. Cara menggunakan : diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Demam (masuk angin dan infuenza)
Bahan: 1 buah Mengkudu dan 1 rimpang kencur; Cara Membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Batuk 
Bahan: 1 buah Mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut); Cara Membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Sakit Perut 
Bahan: 2-3 daun Mengkudu Cara Membuat: ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Cara menggunakan: setelah dingin disaring dan diminum.

Menghilangkan sisik pada kaki
Bahan: buah Mengkudu yang sudah masak di pohon. Cara menggunakan: bagian kaki yang bersiisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Khasiat Buah Mengkudu
Khasiat buah mengkudu tidak hanya sebagai anti kanker. Masih ada banyak manfaat lain yang terdapat pada buah yang pahit ini. Berikut ini beberapa manfaat buah mengkudu yang sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian secara ilmiah :
§  Mengkudu dapat menjadi zat pencegah kanker dan tumor.
§  Mengkudu dapat membantu peningkatan daya tahan tubuh.
§  Mengkudu bisa membantu mengurangi rasa sakit.
§  Mengkudu dapat menjadi zat anti alergi dan anti radang.
§  Mengkudu dapat membantu menormalkan tekanan darah.
§  Mengkudu dapat membantu memperlancar siklus energi dalam tubuh.
§  Mengkudu dapat menjadi anti bakteri.
§  Mengkudu dapat membantu mengatur mood (siklus suasana hati).
Dr. Neil Solomon pernah melakukan sebuah survey terhadap 8000 orang yang mengonsumsi sari buah mengkudu. Dalam survey tersebut ia melibatkan 40 dokter serta beberapa praktisi medis. Dalam surveynya Dr. Neil Solomon ingin membuktikan kemampuan sari buah mengkudu dalam penyembuhan beberapa penyakit. Misalnya: serangan jantung, kanker,diabetes,  stroke, gangguan pencernaan, dll.




One Response so far

  1. Anonim says:

    Hello There. I discovered your weblog the usage of msn.
    This is a really smartly written article. I'll make sure to bookmark it and come back to read more of your useful info. Thanks for the post. I'll definitely comeback.


    Look at my web-site; diet plans for women

Leave a Reply

Link LAIN

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...