Minggu, 29 Januari 2012

Berbagai Manfaat Daun Papaya

0 comments

Daun papaya yang sering kita jumpai diwarung-warung makan dijadikan lalapan atau sayur ternyata bisa dijadikan sebagai obat alami. Disamping rasanya yang enak dan segar, daun papaya mempunyai khasiat segudang untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Beberapa manfaat dan khasiat daun papaya antara lain :

Obat jerawat
Bagi anda yang merasa kurang percaya diri akibat jerawat yang menempel diwajah anda, ini ada tip yang bisa dilakukan untuk mengobati atau mengurangi jerawat pada wajah anda. Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

Pelembut daging
Para ibu rumah tangga mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat daun pepaya untuk melunakkan daging. Kandungan getah (lateks) dalam daun yang akan meresap ke dalam daging dan melunakkannya. Caranya, masukkan daun pepaya dalam rebusan daging, atau bungkus daging dalam daun pepaya ketika direbus.

Manfaat Memperlancar pencernaan
Daun pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

Menambah nafsu makan
Tak sulit membuat ramuan penambah nafsu makan ini, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun

Anti kanker
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu)

Demam berdarah
Daun pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal seperempatnya saja. Jika keadaan tidak membaik segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!

Nyeri haid
Zaman dulu para wanita memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam secukupnya. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.


Leave a Reply

Link LAIN

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...