Senin, 30 Januari 2012

Kandungan dan Manfaat Buah Salak Khasiat Buah Salak

0 comments

Kandungan dan manfaat buah salak sudah tidak bisa diragukan lagi. Buah salak yang bisa ditemukan diberbagai kota ternyata banyak sekali kandungan gizi didalamnya. Bahkan selain mengandung banyak gizi, buak salah dapat mengurangi atau mengobati beberapa penyakit.

Vitamin yang digunakan memelihara dan menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. saat kita sekolah guru-guru kita selalu menganjurkan banyak makan wortel untuk memenuhi kebutuhan vitamin A. Sedangkan dr. Pericone menganjurkan untuk menghindari wortel dalam diet untuk bebas kerut karena menurut dia banyaknya makanan yang tinggi kandungan vitamin A (seperti karoten) dapat menimbulkan respon peradangan sebagai akibat kandungan gula yang tinggi. Nah bagi yang berkacamata saat sedang berusaha mengurangi kerut alias usaha awet muda ya sebaiknya mengganti wortel dengan jus salak.

Penelitian terbaru buah salak yang disampaikan oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen kesehatan RI sebagaimana ditulis dalam tabloid gaya hidup sehat menyatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram buah salak kurang lebih 5,5kali lebih banyak dibanding mangga, 3kali dibandingkan jambu biji dan 5kali semangka merah. Sayang tidak disebutkan berapa kalinya wortel.

Kandungan kulit ari buah salak
Menurut F.X. Wahyurin Mitano, pendapat tentang buah salak tersebut benar. Sebab, dalam kulit ari buah salak itulah terdapat kandungan serat. Anjuran yang sama berlaku saat kita makan jeruk. Sebaiknya, jangan dimakan bulir jeruknya saja. Makan juga “pembungkus” jeruknya. “Kandungan serat itulah yang mengurangi kemungkinan menderita sembelit setelah makan buah salak,” ungkap ahli gizi RSUD dr Soetomo tersebut.

Kandungan Gizi Buah Salak Dalam 100 Gram
No
Kandunga Gizi
Banyaknya
1
Kalori
77,0 kal
2
Protein
0,40 g
3
Karbohidrat
20,90 g
4
Kalsium
28,00 mg
5
Fosfor
18,00 mg
6
Zat Besi
4, 20 mg
7
Vitamin B
0,04 mg
8
Vitamin C
2,00 mg
9
Air
78,00 mg

Untuk mengurangi kekhawatiran tidak atau kesulitan BAB, jangan lupa untuk memakan atau membuat jus salak dengan kulit arinya. Tidak menguliti salak sampai bersih, karena kulit ari ini yang dipercaya bisa mengatasi kesulitan BAB jika memakan banyak buah salak atau minum banyak jus salak. Ayo kita berekpserimen dengan jus salak untuk merawat mata kita. Semoga bermanfaat. . . .

Leave a Reply

Link LAIN

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...